Kalau sedang di jalan besar seringkali kita melihat truk-truk besar memenuhi jalan. Apalagi kalau jalan tersebut adalah jalan utama lintas antarkota, sudah pasti banyak truk lewat di jam-jam tertentu. Berbagai jenis dan ukuran truk memadati jalan. Kalau sudah memadati jalan, truk-truk dengan warna-warni itu mirip seperti wisata kampung warna. Salah satu pionir komoditas truk ternama, Mitsubishi, telah memiliki beragam jenis truk yang telah dipercaya kualitasnya oleh para pengguna. Di Indonesia, Mitsubishi mengepakan sayapnya melalui Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso. Lalu, pernahkah kalian penasaran dengan jenis-jenis truk? Ternyata truk juga memiliki nama-nama khusus loh! Truk Mitsubishi model terbaru terdapat sekiranya 3 kategori.

Kategori pertama adalah colt diesel atau disebut juga light truck. Memiliki ukuran agak kecil dan memiliki ciri khas warna kuning di bagian kepala. Panjang colt diesel bisa mencapai 7.030 mm dengan panjang cab sampai dengan 5.343 mm dan mampu menampung volume 15,6 m3.

Kategori kedua, yakni truk Fuso, ukurannya medium, lebih besar dari light truck. Roda penggeraknya beragam, yaitu, 4 x 2, 6 x 2, dan 6 x 4 dan total terdapat dari 10 ragam. Ciri khasnya adalah kepala truknya berwarna oranye.

Kategori ketiga adalah si tractor head yang memiliki 2 ragam, FZ 4028 dan FZ 4928. Varian FZ 4028 dirancang dengan mesin diesel injeksi 280 PS. Menggunakan sistem injeksi bahan bakar turbo intercooler, serta teknologi Unitilized Injection Pump. Tinggi tractor head mencapai 2.975 mm dan dilengkapi roda penggerak 4 x 2 dengan jarak sumbu roda 3.600 mm, dan panjang keseluruhan 6.030 mm, radius putar 6.550 mm. Sedangkan varian FZ 4928 hanya berbeda pada ukuran,  radius putar dan roda penggeraknya, yakni 6 x 4 dengan jarak sumbu roda 4.650 mm dan radius putar 8.050 mm. Ciri khas dari tractor head yaitu kepala truk berwarna putih.

Nah, sekarang kalian sudah tau dong jenis truk Mitsubishi model terbaru. Kalau lihat di jalan jangan lupa perhatikan kepala truknya warna apa ya!