Tips untuk Mengatasi Anak Cengeng dan Rewel

  • 2 min read
  • Jun 25, 2020
Tips untuk Mengatasi Anak Cengeng dan Rewel

Ketika anak-anak pada usia 2 sampai dengan 3 tahun sudah bisa mengekspresikan emosi yang dirasakan si anak. Dengan cara yang paling mudah untuk mereka menunjukan emosi yang dirasakan adalah dengan si anak menangis dan anak rewel. Akan tetapi menangis untuk anak-anak dapat menjadi kebiasaan yang justru membuat orang tua sampai kewalahan.

Biasanya rewel dan anak cengeng itu bukan tanpa alasan melainkan karena kebiasaan. Pada saat si anak mau sesuatu atau juga menangis dan menolak sesuatu, sebagai orang tua biasanya langsung mengabulkan kemauan dari si anak.

Orang tua biasanya enggan mendengarkan anak yang menangis walau hanya sebentar dan untuk si kecil tidak rewel langsung saja memberikan saja yang diinginkan si anak. Seharusnya cara ini tidak menjadi jalan keluar karena si anak bisa menjadi manja. Si anak bisa memadai rewel dan juga cengeng ketika kemauannya tidak dituruti. Di sini langsung saja bahas cara untuk mengatasi si anak yang cengeng dan juga rewel di bawah ini:

Sabar menenangkan si anak

Perlu anda ketahui biasanya anak lumayan sulit untuk dilarang. Hal ini biasanya si anak akan menangis apabila keinginannya tidak terpenuhi. Ketika sudah seperti ini, tangisan dari si anak yang tiada hentinya dapat membuat orang tua kesal. Akan tetapi sejak dini, biasakan agar menghindari kata-kata jangan pada saat mengajari si anak sesuatu.

Dengan menggunakan kata-kata jangan pada anak dapat membuat sisi negatif pada kebebasan si anak dan membuat mental blok untuk berpikir dan berkreasi. Orang tua pastinya tidak mau membatasi si anak untuk menjadi anak yang berani dan juga cerdas. Contohnya pada saat si anak berlari di lantai dan orang tua biasanya bilang jangan lari. Seharusnya kata jangan lari diganti dengan jalan saja. Karena masih kecil si anak bisa saja menyerap kata lari sebagai sesuatu yang tidak untuk dilakukan si anak. Dan pastinya ini tergantung dengan kondisi tertentu.

Mendidik si anak memang bukan hal yang mudah akan tetapi sangat membutuhkan kesabaran untuk dapat menangkannya. Pada saat si anak sudah mulai rewel, bicaralah kepada si anak dengan cara yang lembut akan tetapi tegas. Jangan membentak atau juga memarahi karena justru membuat si anak takut atau semakin marah dan bisa saja menangis lebih kencang.

Mencari tahu keinginan si anak

Pada saat si anak belum lancar si anak belum lancar berbicara, si anak akan menangis ketika menginginkan sesuatu. Apakah karena merasa lapar, haus, meminta sesuatu dan tidak nyaman. Sampai dengan hanya sekedar mencari perhatian dari ibu. Karena si anak terus menerus dalam tangisan tiada henti yang membuat orang tua frustrasi karena tidak mengerti keinginannya.

Di sini seorang ibu menjadi peranan yang sangat penting untuk lebih dekat dengan si anak. Walaupun belum fasih dalam berbicara akan tapi si anak pada usia ini berada pada masa emas. Sehingga si anak lebih mudah belajar mengenai hal-hal di sekitar si anak.  Tenangkan si anak dengan pelukan dan menanya dengan suara lembut ke si anak hal yang dia inginkan. Maka si anak tidak magis dan juga berbicara dengan tenang. Walaupun belum jelas berbicara, seorang ibu pasti dapat memahami kata-kata si anak.

Itulah informasi tentang Tips Untuk Atasi Anak Cengeng dan Rewel dan semoga bermanfaat buat semuanya.