Gejala mual dan muntah bisa menyerang siapa saja. Muntah pada anak bisa saja berbeda dengan gejala pada orang dewasa, baik dari penyebab maupun penangannya. Sebelum menggunakan obat mual muntah yang aman buat anak, sebaiknya Anda mengenali penyebabnya agar bisa melakukan penanganan lebih cepat.

  • Alergi terhadap makanan. Jika anak sensitif terhadap jenis makanan tertentu, bisa jadi menimbulkan reaksi mual, muntah, bahkan nyeri perut dalam beberapa menit/jam sesudah menelan makanan itu.
  • Gastroenteritis atau diare atau muntah dan berak yang disebabkan iritasi di saluran pencernaan. Seringkali gastroenteritis ini dikarenakan oleh virus, bakteri, dan parasit.
  • Keracunan makanan yang sudah basi bisa menyebabkan anak keracunan karena adanya bakteri di makanan basi tersebut.

Sesudah menjelaskan tentang penyebab mual dan muntah pada anak, ulasan selanjutnya tentang penyebab hidung tersumbat pada anak. Beberapa penyebab hidung tersebut bisa Anda temukan di bawah ini. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda tinggal menentukan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak.

  • Sinusitis Akut

Penyebab ini kerap kali berkembang disebabkan batuk dan pilek. Kondisi seperti itu sebenarnya bisa disembuhkan tanpa mengonsumsi obat. Kurun waktu penyembuhan selama 10 hari atau bergantung dengan sistem kekebalan tubuh si anak. Namun, sinusitis, jaringan yang ada di dalam hidung membengkak dan meradang sehingga rongga hidung menyempit. Selanjutnya, produksi lendir akan meningkat dan membuat hidung tersumbat.

  • Flu

Flu atau influenza ini muncul karena virus menyerang sistem pernapasan, laiknya paru-paru, hidung, dan tenggorokan. Kondisi seperti itu menyebabkan hidung tersumbat. Pada dasarnya flu bisa sembuh tanpa perlu mengonsumsi obat. Namun, kalau terjadi komplikasi akan membahayakan buah hati dan segera dirujuk ke dokter ahli.

  • Alergi

Ketika anak terpapar oleh zat yang menyebabkan alergi, maka tubuh anak akan bereaksi. Berbagai macam hal dapat terjadi karena reaksi alergi tersebut, seperti menyerang sistem pernapasan. Selanjutnya produksi lendir di dalam rongga hidung akan meningkat dan menyebabkan bersin-bersin hidung tersumbat.

Jika dua gejala di atas sudah diberikan obat atas resep dokter dan tidak kunjung sembuh selama lebih 5 hari. Sebaiknya bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.