Kereta api menjadi pilihan alat transportasi untuk banyak orang baik dalam jarak yang dekat maupun luar kota. Seiring perkembangan zaman, transportasi yang satu ini semakin lama, tingkat pelayanan, fasilitas, serta kenyamanannya terus maju dan berkembang dengan baik. Terlebih untuk booking tiket kereta, kini bisa dilakukan secara online. Sehingga memudahkan masyarakat untuk berpergian dengan cepat tanpa harus antri di loket.

Adapun beberapa keuntungan yang didapatkan jika membeli tiket kereta secara online diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Keamanan Terjamin

Mengantri di loket tidak memungkinkan mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti kecopetan atau semacamnya. Dengan membeli tiket secara online, kita dapat mengurangi resiko-resiko kejahatan.

  1. Hemat Waktu

Dahulu, orang-orang rela berangkat lebih pagi demi mengantre tiket kereta api, namun seiring berkembangnya teknologi, tidak perlu repot-repot untuk melakukannya lagi. Membeli tiket kereta api online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Lebih menghemat waktu, tanpa perlu mengantre panjang di loket lagi.

Saat ini banyak juga penyedia jasa travel yang membuka pembelian tiket kereta api, guna memudahkan masyarakat dalam menggunakan alat transportasi tersebut.

  1. Pilih Tempat Duduk Sendiri

Hal yang unik dari membeli tiket kereta api secara online, anda dapat memilih sendiri tempat duduk yang diinginkan. Tentu saja berbeda ketika lewat loket, mendapat tempat duduk secara random ( acak ).

  1. Banjir Promo

Ketika kamu membeli di loket kereta api, maka harga yang dibayarkan sesuai dengan ketentuan. Namun, ketika pesan tiket kereta api online anda mendapatkan banyak promo menarik, seperti potongan harga khusus di waktu-waktu tertentu. Tentu saja dengan adanya program promo tersebut dapat menghemat pengeluaran.

  1. Meminimalisir Resiko Kehilangan

Takut kehabisan tiket, sering kali kita rela mengantri sehari sebelum keberangkatan. Terkadang hal tersebut menimbulkan resiko kehilangan tiket. Online adalah solusi termudah dalam mengakses segala hal termasuk tiket kereta api. Bukti transaksi, serta tiket yang sukses di beli akan secara otomatis tersimpan di email. Sehingga, tidak takut hilang ataupun lupa menaruh tiket.

Banyak manfaat yang didapatkan jika melakukan pembelian tiket kereta api melalui online. Lebih memudahkan para pengguna setia kereta api untuk terus memakai alat transportasi darat tersebut. Lalu bagaimana cara melakukan pemesanan tiket jika dilakukan secara online?

  1. Gunakan Agen Pembelian Tiket

Sekarang ini banyak penyedia jasa pembelian tiket pesawat, bahkan tiket kereta api. Anda tingga searching via Google dan akan muncul beberapa situs penyedia tiket. Jika ingin aman, anda juga bisa masuk ke website PT. Kereta Api Indonesia yang resmi.

  1. Mengisi Informasi Tiket

Setelah anda memilih untuk memesan transportasi kereta api, langkah selanjutnya adalah tentukan tanggal, serta stasiun keberangkatan. Maka nantinya akan muncul stasiun dan kapan waktu tiba di tempat tujuan. Hargapun telah tertera sesuai jumlah penumpang serta kelas kereta yang akan dipilih.

  1. Isi Formulir Data Diri

Jangan lupa untuk mengisi informasi pribadi sebelum mengakhiri transaksi pembelian tiket kereta api. Hal tersebut berguna untuk pengecekan tiket sebelum keberangkatan. Teliti kembali sebelum menuju langkah selanjutnya.

  1. Pembayaran

Setelah selesai mengisi kolom keberangkatan, data diri, serta memilih tempat duduk. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Ada beberapa pilihan yang dapat diambil, seperti transfer bank, kartu kredit, dan lain-lainnya.

Cara pesan tiket kereta api online bukanlah hal yang rumit hanya butuh beberapa menit saja. Itulah mengapa sangat menghemat waktu terlebih untuk orang-orang yang sangat sibuk cara ini sangat membantu.

Peningkatan kualitas pelayanan kereta api menjadikan banyak orang tidak segan-segan memilih kereta menjadi transportasi terbaik dalam melakukan perjalanan sampai keluar kota. Kereta api saat ini memiliki tingkat peraturan yang sangat ketat, bahkan jika ketahuan ada penumpang yang melanggar aturan pihak kereta api tidak segan-segan memberikan sanksi yang tegas, contohnya diturunkan di stasiun terdekat. Hal tersebut dimaksudkan agar penumpang yang lain dapat terjamin keselamatannya hingga tiba di stasiun tujuan.

Adapun beberapa manfaat yang bisa anda rasakan saat naik kereta api, diantaranya yaitu:

  1. Aman dan Nyaman

Dibandingkan dengan naik bus umum, kereta api jauh lebih aman. Apalagi sekarang tidak ada pedagang asongan yang menjajakan dagangannya dari gerbong satu ke gerbong lainnya. Membawa hewan juga sudah menjadi satu larangan di kereta api.

Resiko kecelakaan juga sangat minim terjadi, fasilitas serta pelayanan yang diberikan oleh pihak kereta api cukup memuaskan.

  1. Lebih Rileks

Perjalanan yang jauh akan membuat tubuh lelah. Namun, anda bisa merileksasikan diri dengan melakukan bermacam-macam kegiatan, seperti tidur, membaca buku, mendengarkan musik sampai tiba di tempat tujuan.

  1. Terhindar dari Macet

Dalam waktu-waktu tertentu seperti libur panjang, mudik lebaran, tahun baru banyak pengguna jalan menuju lokasi wisata atau kampung halaman. Sehingga mau tidak mau timbul kemacetan yang tidak bisa dihindari. Solusi untuk menghindari kemacetan adalah dengan menggunakan jasa transportasi kereta api. Waktu keberangkatan dan tiba sudah dipastikan secara akurat sehingga anda tidak perlu takut terlambat.

  1. Dapat Pengalaman dan Teman Baru

Jika anda naik kereta api dengan jarak tempuh yang cukup jauh bahkan berjam-jam, pasti sering dihinggapi rasa bosan. Anda bisa berkenalan dengan teman seperjalanan, saling bertukar pengalaman serta cerita. Tentu saja hal tersebut sangat mengasyikkan, membuang rasa jenuh bukanlah hal yang sulit.

  1. Sedikit Peraturan

Setiap menggunakan transportasi umum tentu saja harus mematuhi peraturan yang berlaku. Namun, peraturan di kereta api tidaklah sebanyak saat menggunakan pesawat terbang. Anda masih diperbolehkan menggunakan telepon untuk melakukan banyak aktivitas, seperti menggunakan internet, bertelepon, ataupun menonton video.

Untuk perjalanan keluar kota, kereta api biasanya berhenti di beberapa titik stasiun yang telah ditentukan. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membeli oleh-oleh atau camilan kecil. Kereta api juga tidak harus menggunakan sabuk pengaman sehingga anda lebih leluasa bergerak di dalam gerbong.

  1. Gratis Biaya Bagasi

Kereta api menggratiskan pelayanan bagasi untuk semua penumpangnya. Tidak heran mengapa untuk yang satu ini, banyak menjadi alasan seseorang lebih memilih menggunakan kereta api daripada pesawat terbang yang tetap memberikan charge bagasi bila lebih dari 20kg.

  1. Menikmati Pemandangan

Tidak hanya menggunakan bus atau pesawat saja, naik kereta api juga dapat membuat anda melihat pemandangan yang indah. Apalagi jika melihat hamparan sawah yang hijau serta tempat-tempat yang memiliki pesona indah lainnya.

Perlu diketahui bahwa tiket kereta api tiap kelas berbeda-beda. Harga tiket kereta api ekonomi tentu sangat berbeda dengan kelas eksekutif dan juga bisnis. Pilih kereta api sesuai fasilitas dan kebutuhan. Perhatikan baik-baik harga yang tertera dalam tiket kereta api online sebelum anda membayarkannya. Jangan lupa untuk mencatat tanggal dan waktu keberangkatan sehingga tidak ketinggalan kereta api.