Kapan Harus Melakukan Isolasi Diri Saat Pandemi Virus Corona? Berikut Penjelasannya!

  • 2 min read
  • Apr 14, 2020
Virus Corona

Saat pandemi virus corona seperti sekarang ini sedang marak dan terjadi hampir di seluruh wilayah negara yang ada di muka bumi ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa tetap aman dan tidak tertular virus tersebut. Tidak hanya itu saja ada berbagai macam kegiatan yang harus Anda lakukan yakni seperti jangan keluar rumah bila memang bukan untuk kepentingan yang amat sangat mendesak. Di rumah saja dan lakukan segala aktivitas Anda di rumah tanpa harus keluar rumah bila memang terpaksa maka Anda sangat disarankan untuk selalu menggunakan masker dan jangan lupa lakukan social distancing.

Meskipun demikian Anda tidak harus leha-leha dan santai saja saat masa karantina pandemi corona seperti sekarang ini. Ada banyak sekali kegiatan positif dan memiliki banyak sekali manfaat yang bisa Anda lakukan untuk mengisi masa karantina Anda tersebut. Seperti contohnya adalah dengan belajar berbagai macam bahasa asing yang mungkin belum bisa Anda kuasai. Tetapi hal tersebut memang membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang tinggi supaya bahasa asing yang kita pelajari bisa segera kita kuasai dan manfaatkan dengan baik.

Lalu bagaimana cara melakukan isolasi diri selama pandemi virus corona seperti sekarang? Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak keluar dari rumah. Jadi selama masa karantina atau isolasi diri tersebut sangat disarankan bagi Anda untuk tidak pergi-pergi ke luar rumah. Selain itu Anda juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti dengan makan dan minum dengan menggunakan alat sendiri dan tidak tercampur dengan anggota keluarga yang lain dan usahakan jangan makan bersama dengan keluarga Anda. Anda juga harus memantau perkembangan kesehatan diri Anda setiap harinya jadi Anda bisa tahu apakah kondisi Anda semakin membaik atau bahkan sebaliknya. Anda juga harus berdiam diri di rumah dan di dalam kamar dan memiliki ventilasi yang baik, jaga jarak dengan orang yang Anda ajak komunikasi yakni 1-2 meter dan jangan sampai melakukan kontak fisik dengan anggota keluarga Anda serta yang terakhir adalah Anda bisa lakukan konsultasi ke hotline Kemenkes.

Dan untuk melakukan isolasi diri ada banyak sekali persiapan yang harus Anda lakukan dan persiapkan seperti thermometer yang bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh Anda. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan obat yang bisa digunakan untuk penurun panas tubuh dan jangan lupa sediakan masker serta sarung tangan karet dan yang paling penting adalah sediakan juga obat-obatan pribadi. Saat ditanya kapan waktu yang tepat untuk melakukan isolasi diri adalah saat Anda memiliki gejala terpapar covid-19. Tidak hanya itu saja Anda juga wajib melakukan isolasi diri adalah saat Anda sedang menunggu hasil pemeriksaan covid-19 dan apabila Anda melakukan kontak langsung dengan pasien yang positif covid-19, pergi ke zona merah dan yang terakhir kapan harus melakukan isolasi adalah saat direkomendasikan oleh petugas kesehatan.

Dengan melakukan isolasi diri maka Anda akan sangat membantu pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia untuk memerangi virus corona secara bersama. Mengingat karena penyebarannya yang amat sangat cepat maka sangat diharapkan bagi Anda atau siapapun yang memiliki gejala covid-19 jangan egois dan segera lapor ke pihak dinas kesehatan yang ada di sekitar Anda. Dan untuk konsultasi lebih lanjut seputar corona Anda bisa mengunjungi aplikasi Halodoc.