Hipertensi adalah salah satu penyakit yang dianggap paling mematikan setelah jantung. Tanda dan gejala hipertensi memang tidak terlalu terasa. Namun dibalik itu semua padahal hipertensi adalah salah satu penyakit yang cukup menantang untuk dihadapi. Ada berbagai pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh mereka yang menderita hipertensi. Salah satunya adalah tidak boleh kebanyakan mengkonsumsi sate atau gulai kambing.

Hipertensi memang masuk dalam daftar salah satu penyakit yang paling mendominasi kesehatan di dunia modern. Menjadi salah satu masalah penyakit yang cukup serius dan juga bisa dianggap sebagai salah satu penyakit yang juga akan menimbulkan beberapa dampak kesehatan yang lain seperti akan mengganggu kinerja jantung, otak, ginjal bahkan mata juga bisa menjadi terganggu. Maka dari itu, sebisa mungkin penting bagi Anda untuk mewaspadai apa saja yang menjadi ciri serta penyebab yang bisa menimbulkan hipertensi.

Berikut ini adalah beberapa gejala hipertensi yang paling umum dan mungkin saja bisa terjadi yang harus benar-benar Anda perhatikan dan waspadai:

  • Munculnya bercak merah pada mata

Adanya bercak merah yang muncul di bagian mata merupakan salah satu gejala tanda hipertensi yang paling banyak terjadi. Biasanya selain orang yang menderita gejala hipertensi, munculnya bercak merah juga merupakan tanda bagi orang yang menderita diabetes. Maka dari itu segeralah periksa ke dokter bila Anda mendapati adanya bercak merah pada mata Anda.

  • Pusing

Pusing merupakan salah satu dari berbagai macam kondisi. Tidak sedikit bila mengkonsumsi suatu obat-obatan tertentu juga bisa mengakibatkan pusing. Akan tetapi Anda perlu khawatir bila mengalami pusing dan disertai dengan adanya berbagai macam gejala seperti tubuh akan kehilangan keseimbangan serta akan menjadi sulit untuk berjalan. Biasanya kondisi ini merupakan tanda-tanda dan dapat menimbulkan stroke.

  • Sakit kepala

Gejala ini merupakan salah satu gejala dan tanda-tanda hipertensi yang lebih lanjut. Bisa jadi Anda akan merasakan nyeri yang teramat sangat sakit dan berdenyut pada bagian kepala Anda. Biasanya rasa sakit ini disebabkan oleh adanya tekanan pada tulang tempurung kepala yang akan berakibat pada meningkatnya tekanan darah.

Di atas adalah beberapa tanda atau gejala dari hipertensi yang paling umum terjadi dan harus Anda waspadai. Biasanya saat gejala hipertensi sudah muncul akan berdampak juga pada bagian tubuh yang lain. Hipertensi akan membuat otot jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah lewat arteri. Dan hal ini akan berakibat pada otot jantung menjadi menebal.

Akan memberikan dampak yang buruh apabila otot jantung mengalami penebalan. Hal ini akan berakibat pada jantung akan kesulitan untuk memompa darah ke seluruh tubuh yang akan memicu munculnya penyakit gagal jantung. Hipertensi juga berdampak pada arteri yang mengelilingi jantung akan mengeras yang kemudian berdampak pada munculnya penyakit serangan jantung. Jika sudah sampai tahap kondisi ini bisa dipastikan bahwa kesehatan Anda akan benar-benar terganggu.

Tanda dan gejala hipertensi memang akan terkadang membuat orang tidak sadar bahwa mereka sedang dalam keadaan yang cukup terganggu kesehatannya. Dikarenakan gejala hipertensi memang tidak begitu parah. Oleh karena itu, apabila Anda mendapati gejala serta ciri-ciri di atas segera datang dan konsultasikan ke dokter sehingga Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal dan Anda akan tahu langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan.