Selama beberapa tahun terakhir, penggunaan data seluler telah meroket. Aplikasi semakin lapar data dan terus mendorong versi baru untuk pembaruan. Sebelumnya, surfing web sebagian besar digunakan dalam teks.

Sekarang, layanan streaming video telah mendapatkan popularitas luas, dan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram juga telah mengintegrasikan layanan video sebagai daya tarik utama. Semakin sulit untuk mengurangi penggunaan data di Android. Di sini kami telah mengumpulkan beberapa cara paling efektif untuk menyimpan data Android.

Batasi Penggunaan Paket Data Anda di Pengaturan Android Anda

Menetapkan batas penggunaan paket data bulanan Anda adalah hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari menggunakan data yang melebihi tanpa sepengetahuan Anda. Anda dapat membatasi penggunaan data seluler Anda di Android melalui aplikasi Pengaturan.

Buka Pengaturan dan ketuk Penggunaan Data >> Siklus Penagihan >> Batas data dan siklus tagihan. Di sana Anda dapat mengatur jumlah maksimum data yang ingin Anda gunakan dalam sebulan. Selain itu, Anda juga dapat memilih pemutusan otomatis dari jaringan setelah batas data tercapai.

Batasi Data Latar Belakang Aplikasi

Beberapa aplikasi terus menggunakan data seluler bahkan ketika telepon pintar sedang tidak digunakan. Data latar belakang memungkinkan Anda untuk menjaga aplikasi Anda dimonitor dan diperbarui ketika melakukan beberapa tugas atau ketika layar mati. Tetapi setiap aplikasi tidak perlu menggunakan data latar belakang setiap saat.Buka Pengaturan >> Penggunaan Data dan Anda dapat melihat statistik aplikasi mana yang menghabiskan banyak data.

Bagaimana Cara Mengurangi Penggunaan Kuota Internet ?

Data latar belakang adalah data yang dikonsumsi saat Anda tidak menggunakan aplikasi, dan aplikasi berjalan di latar belakang. Tidak memerlukan tindakan dan terjadi secara otomatis. Ini dapat mencakup hal-hal seperti pembaruan aplikasi otomatis atau sinkronisasi. Untuk mengetahui tips trik hemat kuota lainnya bisa kunjungi https://kuotabro.com/.

Jika Anda menemukan bahwa data latar belakang terlalu tinggi untuk suatu aplikasi dan Anda tidak memerlukan aplikasi untuk tetap berada di latar belakang setiap saat, ketuk pada “Batasi data latar belakang aplikasi.” Ini memastikan bahwa aplikasi akan mengkonsumsi data hanya ketika dibuka dan dengan demikian menggunakan lebih sedikit data.

Gunakan Kompresi Data Anda di Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser Android paling populer. Ini memiliki fitur bawaan yang dapat secara signifikan mengurangi konsumsi data di Android.Saat kompresi data dihidupkan, semua lalu lintas Anda dilewatkan melalui proxy yang dijalankan oleh Google. Data Anda dikompresi dan dioptimalkan sebelum dikirim ke telepon Anda. Ini menghasilkan konsumsi data yang lebih rendah dan juga mempercepat pemuatan halaman tanpa perubahan signifikan dalam konten web.

Untuk menggunakan kompresi data, buka Chrome, ketuk pada menu 3-titik di sudut kanan atas, ketuk pada Pengaturan dan gulir ke bawah ke Penghemat Data. Di sana Anda dapat mengetuk di sudut kanan atas untuk mengaktifkan Penghemat Data.

Mengaktifkan penghemat data juga menerapkan Sistem Penjelajahan Aman Chrome untuk mendeteksi halaman berbahaya dan melindungi Anda dari malware dan konten jahat. Seperti yang dapat Anda lihat pada tangkapan layar di atas, Chrome berhasil menghemat 17% data selama periode satu bulan.Anda dapat mengunjungi kembali panel pengaturan di Chrome untuk melihat berapa banyak data yang telah Anda simpan selama periode tersebut.