Apa itu Home Theater Speaker?

  • 2 min read
  • Apr 02, 2020
home theater LG

Satu set home theater LG dengan surround system mampu membuat suara TV Kalian berubah total! Ada macam-macam dari home theater speaker ini baik yang tipe wireless, theater bar type dan masih banyak lagi, dan dijual oleh beberapa perusahaan audio seperti samsung sony dan masih banyak lagi. Kalian yang baru akan membeli home theater system tentu akan kesulitan menentukan pilihan.

Kali ini saya akan memberikan tips cara memilih home theater speaker, dan meperkenalkan apa itu home theater, rekomendasi dilihat dari harga, kualitas dan fungsi. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan home theater speaker yang paling tepat sesuai selera dan kebutuhan Kalian!

Apa itu home theater speaker?

Pernahkah Kalian mendengar tentang home theater speaker? Apa bedanya dengan speaker biasa? Perlu kalian ketahui bahwa antara speaker biasa dengan home theater speaker tidak ada bedanya. Selama Kalian bisa menyambungkannya ke AV amplifier, Kalian dapat menggunakan speaker biasa sebagai home theater speaker. Selanjutnya saya akan mengulas tentang speaker seperti apa yang sering dijual oleh produsen sebagai home theater speaker.

  • Perlu kalian ketahui Home theater membutuhkan speaker, perangkat pemutar, dan AV amplifier

Dalam 1 set home theater, sangat dibutuhkan speaker, perangkat seperti pemutar (player device), dan AV amplifier. Kalian tidak perlu terlalu spesifik dalam memilih perangkat pemutar. Akan tetapi, AV amplifier adalah perangkat yang sangat penting untuk mendampingi home theater system Kalian.

  • Speaker yang bisa membuat Kalian menikmati sensasi bioskop di rumah

Sesuai dengan namanya, home theater adalah seperangkat alat yang dibuat untuk menjadikan ruangan di rumah Kalian seperti di bioskop atau di tempat konser dengan kualitas suara yang terdengar lebih nyata! Home theater di sini banyak sekali yang tersedia tipe 5.1  ch yang sudah dilengkapi dengan 5 speaker dan 1 subwoofers atau perangkat yang bertanggung jawab suara bass, ada juga yang menyediakan 2 subwoofers dengan tipe 5.2 ch.

Selanjutnya yang perlu kalian ketahui Ada juga tipe 7.1 ch yang didukung dengan 7 speaker dan 1 subwoofers. Semakin banyak jumlah speaker yang ditambahkan, suara di sekeliling ruangan Kalian akan semakin terasa seperti di bioskop. Hal yang harus diperhatikan ketika jumlah subwofers lebih banyak, maka tambahan efek suara juga yang di berikan semakin maksimal.

Suasana menyenangkan yang bisa Kalian nikmati di rumah ini tentu akan bertambah jika home theater speaker Kalian juga dilengkapi dengan perangkat pemutar seperti DVD, VCD atau Blue-Ray player dan AV amplifier.

Produk keluaran terbaru tidak memerlukan pemilihan lokasi

Biasanya , ada beberapa orang yang berpikir akan sangat merepotkan jika ingin memasang home theater. Terlebih lagi jika tidak ada tempat untuk meletakkannya. Bagi kalian yang mempunyai masalah seperti yang sudah disebutkan, produk terbaru home theater speaker akan secara otomatis menciptakan sound yang lebih optimal yang sudah disesuai dengan kondisi ruangan kalian.

Sistem seperti ini disebut automatic sound field correction. Meski masing-masing brand memiliki nama yang berbeda untuk sistem ini, namun fungsi dan metodenya tetap sama. Biasanya microphone ini mengumpulkan suara dari subwoofers dan speaker, dengan mendeteksi lokasinya, selanjutnya akan secara otomatis mengatur sistem agar menghasilkan sound yang lebih maksimal.

Sistem ini direkomendasikan untuk Kalian yang tidak bisa bebas memasang home theater system karena keterbatasan struktur ruangan, atau untuk Kalian yang kesulitan mengukur pemasangan speaker dengan akurat. Akan tetapi, harus perlu diperhatikan bahwa produk dengan harga yang lebih murah mungkin tidak mempunyai sistem ini pada AV amplifier-nya, jadi Kalian harus memastikannya terlebih dahulu.