Siapa bilang pinjam dana hingga puluhan juta hanya bisa lewat bank? Sekarang, lewat fintech pinjam dana online Kredivo juga bisa, lho. Sebab, Kredivo dapat memberikan limit nontunai maksimal hingga Rp 30 juta untuk pengguna Premium. Limit nontunai ini dapat dicairkan dalam bentuk pinjaman dana tunai apabila dibutuhkan oleh kamu sebagai pengguna.

Jangan khawatir, sejak 21 Maret 2018, Kredivo sudah tercatat sebagai fintech legal yang mendapat izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan. Bahkan, Kredivo adalah fintech atau produk pembayaran kredit digital pertama di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Keamanan data pengguna juga dijamin oleh Kredivo melalui kebijakan keamanan dan kebijakan privasi yang tertera di situs resminya, serta teknologi enkripsi pada aplikasinya. Jadi, Kredivo sudahterjamin keamanannya untuk digunakan.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan Kredivo, mungkin bertanya-tanya, gimana sih cara daftar dan pinjam dana di Kredivo? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pertimbangkan dengan matang tujuan pengajuan pinjaman

Sebelum pinjam dana, baik ke bank atau ke fintech secara online, tentunya kamu wajib memiliki tujuan yang jelas dan juga pertimbangan yang matang. Apalagi kalau jumlah dana yang mau dipinjam berjumlah puluhan juta. Apa tujuannya? Dan apakah jumlah penghasilanmu saat ini mencukupi untuk menanggung beban angsuran dari pinjaman berjumlah puluhan juta tersebut?

Jika tujuannya untuk berbisnis, maka buat dulu perencanaan bisnis beserta alokasi bujet yang matang sebelum pinjam dana untuk modal. Namun bila tujuannya untuk biaya pendidikan, pernikahan, atau uang muka KPR, maka coba pikirkan lagi apakah beban angsurannya perbulan masih bisa ditutup oleh penghasilan bulananmu?

Sangat tidak disarankan untuk meminjam dana sebesar puluhan juta untuk tujuan yang sifatnya konsumtif seperti liburan atau berbelanja. Karena pada dasarnya, tidak akan ada kata cukup untuk gaya hidup. Jadi, daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik sesuaikan gaya hidup dengan kapasitas keuangan mulai dari sekarang ya.

Pastikan jumlah utang yang dimiliki belum mencapai 30% dari total penghasilan

Kalau sudah tahu tujuan dari pengajuan pinjaman dana, maka langkah kedua yang perlu kamu cek adalah cashflow pribadimu saat ini. Seberapa besar beban utang yang sudah dimiliki sebelumnya? Apakah sudah memakan 30% dari total penghasilan bulanan? Kalau ya, maka bisa dibilang, kondisi keuanganmu sudah tidak memiliki slot lagi untuk ditambah beban pinjaman. Idealnya, jika mau keuangan tetap aman dan kebutuhan lain tetap terpenuhi, jumlah utang tidak boleh lebih dari 30% jumlah penghasilan. Kalau penghasilan bulannya Rp 5 juta misalnya, maka maksimal uang yang bisa dialokasikan untuk cicilan adalah sebesar Rp 1,5 juta saja.

Jika belum pernah punya cicilan sama sekali dan jumlah penghasilan bulanan cukup besar, maka kamu bisa coba ajukan pinjaman dana sesuai kebutuhan. Namun, lakukan juga hitung-hitungan kasar lebih dulu apabila jumlah pinjaman yang dibutuhkan mencapai puluhan juta. Hitungan dimulai dengan mengurangi penghasilan sebesar 30% untuk angsuran, kemudian suku bunga, dan masa tenor yang berlaku di Kredivo.

Daftar akun Premium agar berkesempatan dapat limit hingga Rp 30 juta

Untuk daftar akun Kredivo, ada tiga syarat utama yang perlu dipenuhi yaitu: kamu wajib berusia minimal 18 tahun ke atas, memiliki penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Jika sudah memenuhi syarat, kamu bisa langsung daftar akun Kredivo melalui aplikasinya yang dapat didownload di Google Play Store atau App Store.

Limit puluhan juta dan juga fasilitas pinjam dana tunai hanya berlaku bagi pengguna Premium. Pengguna Premium juga bisa menikmati fasilitas cicilan barang online dengan tenor 3/6/12 bulan di berbagai e-commerce dan merchant rekanan Kredivo. Jadi, pastikan kamu memilih daftar sebagai akun Premium di awal. Ikuti instruksi pendaftaran dengan benar dan unggah/sambungkan semua dokumen pendaftaran yang dibutuhkan. Ini akan membantu kamu untuk mendapat limit lebih besar. Selanjutnya, tunggu proses approval dari Kredivo dalam waktu 1 x 24 jam.

Pilih fitur Pinjaman Jumbo di aplikasi Kredivo & isi form yang tersedia

Jangan kecewa jika pendaftaran akunmu tidak disetujui, sebab kamu dapat mencoba daftar kembali tiga bulan setelahnya. Begitu juga jika kamu tidak mendapat limit kredit Rp 30 juta, kamu dapat mengajukan upgrade limit apabila telah menjadi pengguna aktif Kredivo selama 3 bulan ke depan dan mengalami kenaikan penghasilan. Sebab, besar kecilnya limit kredit yang kamu dapat akan disesuaikan juga dengan besaran penghasilanmu ketika mendaftar.

Kalau disetujui dan dapat limit puluhan juta, selamat! Artinya jalan kamu untuk bisa pinjam dana di Kredivo sudah terbuka lebar. Untuk pengajuan pinjaman di atas Rp 1 juta, pilih fitur Pinjaman Jumbo pada bagian menu “Dasbor” aplikasi Kredivo. Kamu akan diminta mengisi beberapa form singkat seputar pinjaman yang ingin diajukan, mulai dari tujuan pinjaman, tenor pinjaman, besaran pinjaman, hingga nomor rekening atas nama pribadi yang sesuai dengan data dirimu di Kredivo. Setelah itu, submit pengajuan pinjaman dan tunggu persetujuan dari Kredivo. Jika disetujui, dana pinjaman akan cair dalam waktu minimal 1 hari kerja ke rekening terdaftar.

Untuk pinjaman, Kredivo menerapkan suku bunga angsuran hanya 2,95% per bulannya dengan pilihan tenor mulai 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Sementara jumlah maksimal pengajuan pinjaman adalah sebesar limit kredit yang kamu miliki untuk tenor 6 bulan.

Gunakan dana pinjaman dengan bijak & disiplin terhadap angsurannya

Apabila pinjaman sudah disetujui dan sudah cair ke rekening, jangan lupa digunakan dengan bijak dan sesuai tujuan awal, ya. Kamu juga dapat mengecek tanggal jatuh tempo angsuran untuk bulan depan langsung di aplikasi Kredivo. Kredivo mengenakan denda sebesar 3% apabila kamu terlambat membayar angsuran. Sebagai tips, supaya kondisi keuangan tetap stabil dan tidak terjadi kredit macet, sebaiknya jangan ambil cicilan atau angsuran lain ketika sudah punya tanggungan cicilan.